Selamat Datang di Blog Alumni SMP Negeri 5 Malang '92

Senin, 21 April 2014

FoKAS 5 Peduli Masyarakat, Gelar Bakti Sosial

Para Anggota FOKAS 5 berfoto bersama usai kegiatan
MALANG – Forum Komunikasi Alumni SMP Negeri 5 (Fokas 5) menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di area SMPN 5, Jalan WR Soepratman no 12 Kota Malang, Minggu (20/4) kemarin. Kegiatan digelar para alumni lintas angkatan sekolah setempat ini dalam rangka menyambut tahun pertama berdirinya Fokas 5 yang resmi berdiri tepatnya pada 20 Desember 2013, lalu. 


Ketua Forum Komunikasi Alumni SMP Negeri 5, Yudhalutiawan menyebut, kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk kepedulian anggota Fokas 5 yang berjumlah kurang lebih 800 orang kepada masyarakat sekitar. Baksos ini meliputi pengobatan gratis massal yang dilanjutkan pemberian tali asih yang ditujukan kepada masyarakat dan kaum duafa yang berdomisili di sekitar SMPN 5, Jalan WR Supratman Kota Malang. 

‘’Seperti halnya tujuan berdirinya Fokas 5, baksos juga berfungsi agar para alumnus dari lintas angkatan lebih kompak dan kuat, dan bisa meningkatkan tali silaturahmi, serta lebih cinta almamater. Sedangkan, tujuan keluarnya, sebagai bentuk kepedulian masyarakat,” terang Yudha didampingi Ketua II Fokas 5, Endah Iin kepada Malang Post, kemarin. 

Terpisah, Ketua Panitia Baksos, Kasiyanto menyebut, panitia sejatinya ingin menggelar kegiatan ini tepat saat Forkas 5 resmi berdiri Desember lalu. Hanya saja, pihaknya mengundur rencana itu lantaran berbarengan dengan momen menyambut gelaran Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). Fokus 5 mampu mewujudkan target peserta pengobatan gratis sebanyak 250 peserta. Rangkaian acara dilengkapi dengan kegiatan dan donor darah. 

‘’Sesuai pengobatan gratis, peserta kami beri uang transpor dan makan siang. Selain itu, kami juga memberikan tali asih dan paket bingkisan. Rencana kami, kegiatan seperti ini akan laksanakan rutin tiap tahun, mungkin pengemasannya yang berbeda. Sebelumnya Fokas 5 menggelar baksos untuk korban erupsi Gunung Kelud di Ngantang, bulan Februari lalu,” terang Kasiyanto. 

Berdirinya Fokas 5 dan gelaran baksos ini mendapat apresiasi tinggi dari pihak sekolah. Kepala Sekolah SMPN 5, RV Sudharmanto menilai, keberadaan Fokas 5 sangatlah bagus. Dia mengaku, Fokas 5 memang harus ada, sebagai wadah alumnus dari lintas angkatan. Sebelumnya, alumnus SMPN 5 yang tersebar di seluruh Indonesia belum memiliki wadah, dan sifatnya baru antar angkatan. Diharapkan, Fokas 5 ikut sebagai stakeholder untuk memajukan sekolah. 

’’Keberadaan alumni ini penting bagi sekolah, salah satunya sebagai stakeholder untuk memajukan sekolah ini. Memang tidak mudah, tetapi pihak sekolah yakin pasti alumni akan ikut berperan, misalnya dalam hal upaya meningkatkan mutu sekolah. Artinya, peran itu tidak hanya melalui bantuan uang, namun juga melalui talenta, misal IT,” ucap Sudharmanto, terpisah.

sumber : Malang Post, 21/o4/14

1 komentar:

  1. Atas nama semua pengurus FoKAS5 & seluruh rekan2 yg tergabung dlm kepanitiaan BAKSOS, kami selaku Ketua 3 sekaligus menjadi ketua BAKSOS menyampaikan beribu2 terima kasih kpd pihak SMPN5 Mlg yg telah menyediakan tmpt BAKSOS (Kepala sekolah, wakil kpl sekolah, bapak-ibu guru, para staf2nya, adik2 OSIS-PMR-Pramuka, petugas keamana, tukang kebun, dll) tak lupa juga ucapan terima kasih kami sampaikan kpd semua rekan2 yg tlh membantu dlm suksesnya acara tsbt yg tdk bisa kami sebutkan satu-persatu, baik itu dari pihak ALUMNI ataupun dari pihak luar/bukan alumni. Jazakumullohu khoiron katsiroh.. Jazakumullohu ahsanal jaza.. Alloh SWT Tuhan YME yang akan membalasnya. Terima kasih & mhn maaf. (Ketua 3 - Ketua BAKSOS, Kasiyanto Ocrit)

    BalasHapus